Beranda » budidaya ikan » Cara Terbaik Budidaya Ikan Gurame

Cara Terbaik Budidaya Ikan Gurame

Dilihat 494x | Tags budidaya ikan,

Cara Terbaik Budidaya Ikan Gurame Agustus 2017

Budidaya ikan gurame mempunyai prospek yang sangatlah bagus. Keinginan yang tinggi, produksi yang masih tetap kurang, serta harga yang stabil yaitu tiga hal mendasar sebagai bukti begitu usaha ini layak untuk memperoleh perhatian. Terkecuali ketiga hal semacam itu, harga gurame juga terbilang lebih tinggi dibanding ikan air tawar yang lain yang membuatnya relatif lebih untungkan. Disamping potensi itu, aspek pendukung budidaya gurame juga sangatlah mencukupi. tersedianya tempat yang masih tetap luas, data serta info perihal tehnik budidayanya yang ideal, pakan yang ada selama saat, serta benih gurame yang banyak dihasilkan oleh pemerintah lewat Balai Benih Induk (BBI). Mengenai harga samsung galaxy termurah 2016 untuk masuk usaha budidaya gurame ini, ada 4 bagian yang dapat diambil untuk mempercepat rotasi keuangan. Bagian itu dapat di ambil berdasar pada bagian budi daya yakni, pembenihan, pendederan, pembesaran, serta pemasaran.

Penentuan Tempat Budidaya

Gurame memanglah bisa hidup di “sembarang tempat”. Tetapi, tetap harus keadaan tempat sangatlah punya pengaruh pada tumbuh kembangnyanya. Aspek-faktor yang penentu kwalitas tempat diantaranya keadaan tanah, suhu air, keasaman air, oksigen, serta tingkat kesuburan air.

Prasyarat tumbuh maksimal :

Ketinggian 20 – 500 m dpl.
Type tanah berstektur simak yang gembur dengan kandungan pasir 40%.
Suhu 25 – 28 C
pH ideal 6, 5 – 7 dengan kesadahan 7 HD
Oksigen yang memadai
Air kaya mineral serta beberapa zat hara

Persiapan Saat sebelum Budidaya Gurame

Saat sebelum proses budi daya gurame, ada banyak hal yang butuh disiapkan. Yang paling utama tentu yaitu pembuatan kolam. Keadaan kolam sangatlah memastikan sukses tidaknya usaha budi daya gurame. Terdapat banyak kolam yang perlu dipunyai dalam budidaya gurame. Kolam perawatan induk. Kolam ini berperan untuk menyiapkan harga oppo smartphone murah 2016 kematangang telur serta pelihara kesehatan induk. Kolam ini berbentuk kolam tanah yang luasnya seputar 10 m2 dengan kedalaman minimal 50 cm serta kepadatan kolam diisi 20 ekor gurame betina serta 10 ekor jantan.

Kolam pemijahan. Kolam pemijahan adalah kolam tanah dengan luas 200 – 300 m2. Dalam kolam ini, untuk satu ekor ikan dewasa membutuhkan luas 2 – 10 mtr. persegi. Suhu air ideal 24 – 28 C dengan kedalaman air 75 – 100 cm. Kolam pendederan atau pemeliharaan benih. Luas kolam ini tak kian lebih 50 – 100 m2 dengan kedalaman 30 – 50 cm. Kepadatan kolam baiknya 5 – 50 ekor per mtr. persegi. Kepadatan kolam baiknya 5 – 50 ekor per mtr. persegi. Kolam pembesaran. Kolam ini berperan juga sebagai tempat untuk pelihara serta membesarkan benih selepas dari kolam pendederan. Kepadatan kolam baiknya tak kian lebih 10 ekor per mtr. persegi. Kolam pemberokan. Kolam ini berbentuk kolam tanah atau semen dengan air yang mengalir juga sebagai tempat pembersihan ikan saat sebelum di pasarkan. Maksudnya supaya ikan tak memiliki kandungan kotoran serta tak berbau lumpur.

Persiapan lain yang dibutuhkan yaitu berbentuk fasilitas penunjang. Beragam fasilitas penunjang yang diperlukan dalam budidaya gurame salah satunya substrat tempat bertelur, aerator, alat pengangkutan, alat penangkapan, serta keperluan yang lain seperti kapur, pupuk, serta obat-obatan.
Pembenihan Ikan Gurame

Usaha pembenihan mencakup aktivitas pemeliharaan induk, pemijahan, penetasan telur, serta perawatan larva hingga memiliki ukuran sebesar bii oyong. Larva berusia 12 – 30 hari ini setelah itu dirawat hingga bobotnya meraih 10 – 15 g/ekor (usia 4 bln.). Benih sebesar ini siap untuk didederkan. Tetapi, ada pula pembenih yang jual telur untuk ditetaskan. Lantaran sisi pembenihan ini yaitu satu diantara tiga sisi sistem terutama dalam budidaya ikan gurame, jadi kami hidangkan dalam artikel spesial.

Pendederan Ikan Gurame

Aktivitas pendederan mencakup pemeliharaan benih memiliki ukuran 10 – 15 g/ekor hingga ukuran 150 g/ekor. Bobot gurame sebesar ini umumnya diraih waktu benih berusia enam bln. dari penetasan telur. Ada pendederan yang diawali dari ukuran yang semakin besar, yaitu 15 – 30 g/ekor, namun ada pula harga iphone 6 murah 2016 yang mendederkan benih gurame dari larva atau saat seukuran biji oyong. Lantaran sisi pendederan ini yaitu satu diantara tiga sisi sistem terutama dalam budidaya ikan gurame, jadi kami hidangkan dalam artikel spesial.

Pembesaran Ikan Gurame

Aktivitas pembesaran adalah kelanjutan dari pendederan. Benih dari pendederan bakal di besarkan sampai meraih ukuran mengkonsumsi dengan bobot rata-rata 500 g/ekor. Tetapi, pemilihan ukuran panen pembesaran gurame juga sesuai dengan keinginan customer. Lantaran harga blackberry 2016 ada pula customer yang meminta gurame memiliki ukuran diatas 1 kg/ekor. Lantaran sisi pembesaran ini yaitu satu diantara tiga sisi sistem terutama dalam budidaya ikan gurame, jadi kami hidangkan dalam artikel spesial.
Panen

Sesudah meraih bobot mengkonsumsi, waktunya pemanenan dikerjakan. Pemanenan gurami baiknya dikerjakan pada pagi hari pada jam 05. 00 – 08. 00 supaya ikan terus fresh serta tak stres. Pemanenan dikerjakan lewat cara buang habis air kolam. Pintu pemasukan air ditutup serta pintu pengeluaran air di buka. Air didalam kolam dikeluarkan hingga batas spesifik serta gurame berkumpul didalam kamalir. Penangkapan dikerjakan menggunakna serokan atau alat sejenis yg tidak mengakibatkan tubuh gurame terluka.


Keywords : ,